Tutorial Install Laravel

 

Tutorial Install Laravel


Sebelum kita lanjutkan menginstall laravel, pastikan kamu sudah mengerti basic bahasa pemrogramman PHP, karena laravel ini membutuhkan pengetahuan tentang PHP. Ohiyaa, kalo kamu sudah memahami konsep MVC kamu pasti akan mudah sekali mempelajari framework ini, karena laravel juga dengan konsep MVC.  Yuk langsung saja kita bahas.

Laravel

Sebelum kita menginstall laravel, alangkah baiknya kita kenali dulu Apa itu Larvel? Laravel adalah kerangka kerja aplikasi web yang memiliki sintaks yang ekspresif dan elegan. Kerangka kerja web ini memberikan struktur dan titik awal untuk membuat aplikasi Kamu, memungkinkan Kamu untuk fokus membuat sesuatu yang luar biasa sementara kami mengerjakan detailnya.

Laravel bertujuan untuk memberikan pengalaman pengembang yang luar biasa dengan fitur canggih seperti injeksi ketergantungan yang menyeluruh, lapisan abstraksi basis data yang ekspresif, antrian dan pekerjaan terjadwal, pengujian unit, dan integrasi.

Apakah kamu baru mengenal framework web PHP atau sudah bertahun-tahun, Laravel adalah framework yang dapat Kamu pelajari bersama. Kami akan membantu Kamu memulai karir pengembang web Kamu atau mendorong Kamu untuk meningkatkan keahlian kamu. Kami menantikan hasil pekerjaan Kamu.

Yap, itu saja mengenai penjelasan laravel, kita lanjut ke penginstallan ya.


Install Laravel

Sebelum memulai proyek Laravel pertama kamu, pastikan komputer kamu sudah terinstal PHP dan Composer. Jika kamumengembangkan di macOS, PHP dan Composer dapat diinstal dalam hitungan menit dengan Laravel Herd. kamu juga disarankan untuk menginstal Node dan NPM.

Setelah kamu menginstal PHP dan Composer, kamu bisa menggunakan perintah create-project Composer untuk membuat proyek Laravel baru:

composer create-project laravel/laravel example-app

Atau, kamu bisa membuat proyek Laravel baru dengan menginstal penginstal Laravel secara global melalui Composer. Jika kamu menggunakan Laravel Herd untuk menginstal PHP dan Composer, penginstal Laravel tersedia untuk kamu:

composer global require laravel/installer
laravel new example-app

Setelah proyeknya terinstall lalu kita buka dengan local server dengan perintah php artisan di CLI/Terminal kamu:

cd example-app
php artisan serve

Setelah kamu memulai server developmentArtisan, kamu bisa mengaksesnya dengan melalui browser web kamu di alamat http://localhost:8000.
Mengingat bahwa Laravel membutuhkan pemahaman tentang dasar-dasar bahasa pemrograman PHP. Konsep Model-View-Controller (MVC) yang terintegrasi dalam Laravel akan  membangun aplikasi yang kuat dan terstruktur.
Jadi, mari bersama-sama belajar dunia Laravel lebih dalam. Sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya, di mana kita akan mengeksplorasi lebih banyak hal menarik yang dapat kita ciptakan bersama. Terima kasih telah bergabung dan selamat belajar!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama